Breaking News
Home » Tentang Kami

Tentang Kami

Kanalbaca.com : Alternatif Kuasa Ruang Baca

“Media massa sebagai ruang baca-tulis publik telah dikuasai perusahaan kapital besar. Penulis menjadi penghibur, Pembaca menjadi konsumennya. Sedang Para perintis usaha tergilas arus marketing media”

Media massa pada era digital kini menjelma menjadi tren media bacaan baru. Kebanyakan mengarah pada ranah hiburan yang kemudian menyulam informasi semenarik mungkin kepada publik demi ‘klik’. Fungsi baca-tulis berupa penyebaran informasi untuk mengembangkan kebudayaan menjadi sekedar hiburan semata. Situs bacaan hiburan bermunculan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya klik pembaca dan menyediakan ruang sebesar-besarnya bagi periklanan perusaan besar. Media massa kemudian menjadi ruang bagi periklanan tanpa menghargai ruang baca-tulis publik, ruang dimana publik memiliki tempat saling membagi informasi dan berkembang bersama.

Ruang baca-tulis telah membuktikan kuasanya sebagai sarana untuk mempertemukan penulis, mencerdaskan publik dan membangkitkan rasa persatuan.

Era perjuangan Indonesia mengingatkan kita terhadap kuasa ruang baca-tulis sebagai penggerak kemajuan publik. Dr. Soetomo bersama Budi Utomo yang bergerak di bidang sosial, ekonomi dan pendidikan mengalami kemajuan pesat ketika didukung oleh Indische Partij menggunakan media majalah Het Tijdschrifc dan surat kabar De Expres pimpinan E.F.E Douwes Dekker. Sarekat Dagang Islam pun berkembang pesat ketika Medan Prijaji yang dipimpin oleh Tirto Adhi Soerjo diterbitkan. Ketiga organisasi pergerakan itulah yang kemudian menciptakan ide kebangsaan yang sekarang disebut Indonesia. Ruang baca-tulis telah membuktikan kuasanya sebagai sarana untuk mempertemukan orang-orang, mencerdaskan publik dan membangkitkan rasa persatuan.

Pembaca dan penulis yang menghidupkan budaya baca-tulis pun diarahkan pada ketergantungan pola marketing produk hasil karya perusahaan kapital besar. Publik dapat kehilangan pilihan ketika hendak memenuhi kebutuhan informasinya.

Melihat dari kenyataan bahwa penulis dan pembaca mulai mengikuti arus negatif dari kapitalisasi media, Kami menerbitkan Kanalbaca.com sebagai situs bacaan alternatif publik. Situs ini mengikuti arah gerak Budi Utomo yang mengidamkan pendidikan bagi publik secara luas dengan akses tanpa batas. Kanalbaca.com juga mengikuti pergerakan Sarekat Islam yang menginginkan publik memiliki area berbagi dan berpikir secara kolektif.

Kanalbaca.com didirikan sebagai situs yang memberikan layanan publik. Hingga dikemudian hari, kami memiliki visi menjadikan para penulis dapat menerbitkan karya tulisnya sehingga ia dikenal dan semakin mahir dalam bidang tulis-menulisnya. Kanalbaca.com memiliki cita-cita bahwa pendidikan adalah milik bersama –oleh, dari dan kepada setiap lapisan masyarakat. Maka kanalbaca.com bukan sekedar situs bacaan online. Kami adalah pergerakan.

Kirim Tulisan!

Mereka yang Membangun Kanal Baca

Legal Standing

Hubungi kami untuk turut serta dalam memberikan pendidikan untuk publik!

Instagram : @kanal_baca

Facebook page : @kanalbaca