Breaking News
Home » Profil » Mengenal Sosok Panwascam Sukolilo

Mengenal Sosok Panwascam Sukolilo

Mahbud Junedi, Merupakan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Sukolilo. Sosok yang Akrab disebut Pak Jibud ini aktif sebagai Ketua Panwascam, Mulai Aktif sebagai Panwascam sejak 2013 saat Pilgub Provinsi Jawa Tengah.

Ia mengawali karirnya sebagai bagian dari pemilu pada tahun 2009 sebagai Panitia Pengawas Lapangan (PPL)  Desa Sukolilo, dilanjutkan sebagai Anggota komisioner Panwascam pada tahun 2010 saat pemilu Bupati Pati

Alumni Fakultas Hukum UNTAG (Universitas tujuh belas agustus) Semarang tahun 1993 ini sudah aktif berorganisasi Saat masih Berkuliah. Ia aktif di kegiatan Internal Pramuka Kampus. Kemudian Pada Tahun 1997 – 2001, Pak Jibud juga turut menjadi bagian dalam tim advokasi perselisihan perburuhan di kabupaten Kendal.

Selepas Kuliah, Pak Jibud Aktif di bidang akademik. Pada Tahun 2002-2005 Ia menjadi kepala bagian BAUBAK (Bagian Akreditas Umum dan Bagian Administrasi Akademik) Akademi Kesehatan Muhammadiyah Kudus tahun 2002 – 2005. Selanjutnya ia menjadi  kepala bagian BAUBAK Akbid Bakti Utama Pati pada tahun 2006 sampai 2007.

Pak Jibud dikenal sebagai tokoh yang memberikan jalan tengah  pada kasus yang terjadi pada Pemilu Legislatif daerah di Kecamatan Sukolilo.

Pada saat itu, Massa melakukan aksi demostrasi karena terjadi kesalahan dalam penghitungan suara di daerah Desa Prawoto.  Kasus tersebut disebabkan oleh salah seorang calon yang mendapatkan 232 suara ketika input data di kecamatan. Padahal saat dihitung di KPU Desa, Calon tersebut hanya mendapatkan 2 suara.

Demonstrasi yang terjadi sekitar pukul 16.30 itu bisa diredakan atas usulan dari pak jibud untuk mengulang penghitungan suara. Massa yang sedang melakukan unjuk rasa kemudian menyepakati dan menunggu hingga hasil penghitungan suara terlaksana di esok harinya.

“Terjadi protes (di kantor kecamatan_ red), saya memberhentikan penghitungan suara sambil menutup rapat pleno sekitar menjelang maghrib. Kemudian saya mengadakan rapat intern dan merekomendasikan untuk melakukan  penghitungan suara ulang.Padahal Massa menghendaki pemilihan ulang, tetapi saya menghendaki penghitungan ulang di Paginya jam 9.” Kata Pak Jibud ketika ditemui di Kantornya.

Integritas Pak Jibud Sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) telah terbukti. Beliau merelakan posisinya sebagai Sekretarisi LKMD Sukolilo dan anggota LBH Muhammadiyah Pati untuk lebih fokus sebagai Panwascam Sukolilo.

Selain di Kantor Kecamatan Sukolilo, Pak Jibud bisa juga ditemui di kediamannya yang beralamat di Dukuh Lebak wetan RT 1 RW 6 Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo Pati. Beliau juga merupakan sosok single parent dengan putri bernama Afanin Junedi yang sedang menempuh pendidikan di Ponpes Raudlatul Ulum Guyangan.

About Buchory Masrury

Penikmat kajian Sejarah, Agraria dan Demokrasi. Pecandu Film Aksi superhero. Sangat perhatian pada penetapan hukum dan hal-hal berbau kriminalitas. Sedang belajar menulis Investigatif report --yang masih bingung sampai sekarang. Kesulitan menikmati sastra apalagi dalam bentuk kode-kode wanita. Bermasalah dengan otoritas dan mencintai kucing. Temui saya di Instagram @buchory.masrury atau baca karya saya di aksiranabaca.tumblr.com