Breaking News
Home » Profil » Ahli Batu Jalasutra, Mbah Subur Sukolilo

Ahli Batu Jalasutra, Mbah Subur Sukolilo

PATI– Batu Akik sempat menjadi tren beberapa tahun belakangan. Tren Batu mulia yang biasa digunakan sebagai perhiasan kaum pria ini sampai sekarang pun masih diminati oleh beberapa pengrajin.

Batu Jala Sutra mentah yang siap diproses mbah subur (Docs : Kanalbaca)

Sudah menjadi rahasia publik jika tiap daerah pasti memiliki batu mulia khas masing-masing. Bagi daerah Sukolilo Kabupaten Pati, Batu Jalasutra merupakan batu khas dari daerah Pegunungan kapur Utara ini.

Daerah Kecamatan Sukolilo, tepatnya di Dukuh gendongan desa kedumulyo, di kenal Susilo Puryanto sebagai ahlinya batu Jalasutra. Warga sekitar lebih menyebutnya sebagai Mbah Subur sang Dedengkot Batu Akik Mbah Subur merupakan tokoh masyarakat yang masih memproduksi kerajinan batu Jalasutra.

Warga sedang menambang batu jalasutra sebagai bahan baku batu akik Jalasutra karya Mbah Subur (Docs : Kanalbaca)

Ia dikenal terampil dalam bidang perbatuan. Disamping itu, Mbah Subur juga dikenal sebagai pengrajin batu Bader Besi.
Mbah Subur mampu menyulap Batu Jalasutra menjadi Gelang, Cincin, dan Cenderamata Lainnya. Mbah Subur juga dikenal mampu mengkombinasikan Batu Jalasutra dengan Bader Besi menjadi cenderamata yang memiliki nilai ekonimis relatif tinggi.

Batu Jalasutra yang siap diolah menjadi batu akik bernilai tinggi. (Docs : Kanalbaca)

“Salah satu keunikan batu (Bader Besi) ini adalah kalau di dekatkan dengan magnet akan nempel seperti besi.” Tutut Mbah Subur sambil menunjukan keunikan karyanya. (27/7).

Mbah Subur sedang memproses Batu Jalasutra di Bengkelnya yang berlokasi di Sukolilo

Usaha kerajinan mbah subur dibidang kerajinan batu akik mampu memberikan kontribusi kepada penduduk sekitar. Terbukti ia mampu menyerap tenaga kerja lokal untuk memproduksi Batu yang dikenal dengan motif jala keemasan ini.

“Lumayan untuk menambah penghasilan masyarakat setempat.” Tutup mbah subur dengan senyum khasnya.

Pengrajin batu akik jalasutra di bengkel Mbah Subur (Docs : Kanalba

About Buchory Masrury

Penikmat kajian Sejarah, Agraria dan Demokrasi. Pecandu Film Aksi superhero. Sangat perhatian pada penetapan hukum dan hal-hal berbau kriminalitas. Sedang belajar menulis Investigatif report --yang masih bingung sampai sekarang. Kesulitan menikmati sastra apalagi dalam bentuk kode-kode wanita. Bermasalah dengan otoritas dan mencintai kucing. Temui saya di Instagram @buchory.masrury atau baca karya saya di aksiranabaca.tumblr.com