Breaking News
Home » #merintisperintis – 2

#merintisperintis – 2

“Dunia abad 21 merupakan sebuah buku digital. Segala arus informasi disediakan oleh internet. Maka pada Hari ini, dunia internet dapat dikatakan sebagai Dunia Cyber.”

Internet merupakan sarana yang sangat berpengaruh dalam media periklanan pada saat ini. Media online yang bersifat praktis telah memberikan banyak keuntungan seperti aliran pendapatan baru yang lebih memberikan efisiensi seperti meningkatkan pangsa pasar, menurunkan biaya operasional, melebarkan jangkauan hingga ke manca negara, meningkatkan customer loyalty, memperpendek waktu produksi iklan serta meningkatkan supplier management.

Kreativitas dan inovasi dalam bidang media dan informasi telah tumbuh dan berkembang. Perkembangan dalam bidang media dan informasi online sangat dipengaruhi oleh tren kemajuan teknologi informasi dan kemudahan layanan akses internet dari berbagai kalangan. Media mampu memberikan akses informasi kepada pembaca dengan akses tanpa batas.

Kemajuan dalam bidang media online telah dikuasai media besar arus utama. Media arus utama memiliki kecenderungan bekerjasama dengan merk dagang sudah yang besar dan menawarkan jasa periklanan dengan biaya yang besar pula. Padahal peran media sebagai layanan publik untuk mengiklankan produk patut dimiliki oleh seluruh lapisan industri untuk dikenal publik. Maka kemunculan media-media alternatif dapat menjadi sarana untuk mengiklankan usaha mikro hingga menengah dengan penawaran kerjasama yang saling terjangkau.

Ruang baca-tulis yang mampu mempertemukan orang-orang dari berbagai lapisan telah dikuasai oleh periklanan perusahaan besar. Hal tersebut membuat perusahaan perintis berskala menengah, kecil hingga mikro tergilas arus marketing. Biaya periklanan di ruang baca-tulis yang relatif mahal menjadikan perusahaan perintis kehilangan pasar karena kesulitan melawan marketing perusahaan besar.

Para pembaca dan penulis yang menghidupkan budaya baca-tulis pun diarahkan pada ketergantungan pola marketing produk hasil karya perusahaan kapital besar. Publik dapat kehilangan pilihan ketika hendak memenuhi kebutuhanya. Padahal perusahaan-perusahaan perintis mampu memberikan pilihan alternatif bagi kebutuhan publik.

Melihat dari kenyataan bahwa penulis-pembaca-dan perintis mulai mengikuti arus negatif dari kapital media, Kami menerbitkan Kanalbaca.com sebagai media alternatif publik. Situs ini mengikuti arah gerak Budi Utomo yang mengidamkan pendidikan bagi publik secara luas dengan akses tanpa batas. Kanalbaca.com juga mengikuti pergerakan Sarekat Islam yang menginginkan para pengusaha dengan skala menengah, kecil hingga mikro untuk bisa mendapatkan kemandirian dengan jalan biaya marketing yang relatif lebih terjangkau.
Kanalbaca.com didirikan sebagai situs yang memberikan layanan publik. Hingga dikemudian hari, kami memiliki visi menjadikan para penulis dapat menerbitkan karya tulisnya sehingga ia dikenal dan semakin mahir dalam bidang tulis-menulisnya. Kanalbaca.com pun menginginkan para perusahaan perintis mampu memasarkan produknya lewat media situs online tanpa harus bersaing ketat melawan kapital besar penguasa media online. Terlepas dari itu semua, Kanalbaca.com memiliki cita-cita bahwa pendidikan adalah milik bersama –oleh, dari dan kepada setiap lapisan masyarakat. Maka kanalbaca.com bukan sekedar media online. Kami adalah pergerakan.

Bukhori Masruri

Pimpinan Redaktur kanalbaca.com